Peraturan Baru Liga Champions Ini, Menguntungkan Pemain Baru Di Babak 16 Besar

Peraturan Baru Liga Champions Ini, Menguntungkan Pemain Baru Di Babak 16 Besar

Harlemrenaissancehighschool.org – Para pemain yang pindah di bulan Januari ini akan mendapatkan keuntungan di kompetisi Eropa. Ada Bruno Fernandes yang baru tiba di Manchester United dan Erling Haaland yang baru bergabung dengan Borussia Dortmund. Kedua pemain ini juga sudah pernah membela klub asalnya pada fase grup Liga Europa ataupun Liga Champions musim 2019/2020 ini. Lalu bisakah mereka bermain lagi untuk klub baru di sisa musim ini di kompetisi eropa?

Beberapa musim lalu, jawaban untuk pertanyaan di atas jelas adalah tidak. Pemain yang sudah pernah mengenakan kostum Tim X di fase grup tidak akan diizinkan membela Tim Y di fase gugur. Dan aturan inilah yang dianggap cukup merepotkan.

Kendati demikian, untungnya UEFA tidak menutup telinga begitu saja. Mereka mendengar protes dari klub-klub besar yang sudah susah payah di transfer window musim dingin. Yaitu dengan mendatangkan pemain baru namun tidak bisa menurunkannya di fase gugur. Aturan baru pun sudah dibuat demi memuaskan para klub peserta. Apa aturan peraturan baru yang dimaksud? Mari baca selengkapnya penjabaran di bawah ini.

Aturan Baru

Mengutip dari situs resmi UEFA, kini tidak lagi penting apakah pemain baru itu pernah membela klub lain atau tidak di fase grup. Kini, setiap klub sudah diizinkan mendaftarkan tiga pemain baru untuk menyambut babak 16 besar. Entah apakah si pemain sudah pernah membela klub lain atau tidak.

Tentu klub juga tetap harus memenuhi syarat maksimal pendaftaran 25 pemain. Setiap klub juga harus mengumpulkan daftar final pada tanggal 3 Februari 2020 pukul 24.00 Waktu Eropa atau 4 Februari 2020 pukul 06.00 WIB. Begitu perubahan skuad ini sudah lolos uji UEFA, daftar sepenuhnya akan segera dirilis oleh badan sepak bola tertinggi di Eropa tersebut.

Siapakah yang Untung?

Perubahan peraturan ini tentu juga menguntungkan banyak klub slot online uang asli. Bruno Fernandes dan Erling Haaland adalah dua contoh besar yang paling mencuri perhatian. Fernandes sebelumnya membela Sporting di fase grup Liga Europa, sekarang akan bisa membantu MU memasuki babak 32 besar. Haaland pun demikian, setelah gagal mendorong RB Leipzig ke fase gugur, maka sekarang dia bisa membantu Dortmund menghadapi PSG di babak 16 besar Liga Champions.

Selain itu, juga masih ada beberapa pemain lain yang siap membantu tim mereka masing-masing. Misalnya saja Steven Bergwijn yang kini bermain untuk Tottenham. Lalu ada juga Giorgio Chiellini yang masuk kembali ke skuad Juventus serta Marco Asensio yang didaftarkan kembali oleh Real Madrid.

Sembilan Peraturan Baru untuk Liga Champions dan Liga Eropa

Badan Sepak bola Eropa (UEFA) telah menetapkan sembilan perubahan aturan. Hal itu dilakukan setelah bertemu dengan Dewan FA Internasional yang terdiri dari empat negara serta empat perwakilan FIFA. Pertemuan itu terjadi di Aberdeen pada bulan Maret tahun 2019 yang lalu.

Berikut kesembilan aturan baru itu:

  1. Pemain lawan tidak boleh berada di pagar betis ataupun dinding pemain saat berlangsungnya tendangan bebas. Mereka juga diharuskan setidaknya berada satu meter dari pagar betis.
  2. Tak ada lagi drop ball. Bola akan diberikan langsung ke penjaga gawang jika permainan dihentikan di dalam kotak penalti. Jika pertandingan dihentikan di luar kotak penalti, maka drop ball akan langsung diberikan untuk tim terakhir yang menyentuh bola. Saat drop ball sudah dilakukan pemain lain harus berjarak empat meter dari bola.
  3. Jika seorang pemain mencetak gol dengan menggunakan tangannya, walau dilakukan secara tidak sengaja. Maka itu akan dianggap sebagai sebuah pelanggaran atau handball, sehingga gol tersebut dianulir.
  4. Saat menghadapi tendangan penalti, kiper kini hanya perlu untuk meletakkan satu kakinya di garis. Tapi, ia tetap tidak diperbolehkan menyentuh tiang gawang, gawang serta jaring sebelum tendangan dilakukan.
  5. Pemain pengganti wajib meninggalkan lapangan pada posisi terdekatnya. Ia juga tidak lagi diwajibkan kembali ke tempat wasit yang mengatur pergantian. Hal  itu dianggap telah membuang banyak waktu.
  6. Pelatih dan juga manajer nanti akan diberikan kartu merah dan juga kartu kuning jika melakukan pelanggaran. Aturan ini telah diberlakukan di ajang Piala Liga Inggris musim ini.
  7. Tendangan gawang atau tendangan bebas di arena kotak penalti tak perlu lagi dilakukan dengan memastikan bola meninggalkan kotak penalti. Namun, pemain lawan juga tidak boleh berada di kotak penalti sebelum bola jadi hidup.
  8. Tim yang menang undian di awal laga, bisa memilih bola atau juga gawang.
  9. Setiap tim yang berlaga di final Liga Champions dan Liga Eropa diperbolehkan menempatkan 12 pemainnya untuk duduk di bangku cadangan dan membawa maksimal 23 pemain. Sebelumnya UEFA memang hanya memberlakukan aturan dengan mendaftarkan 22 pemain saja. Dimana tujuh di antaranya harus duduk di bangku cadangan pemain. Namun, pergantian pemain tetap tiga orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *